Guru
profesional merupakan pendidik yang diakui kemampuannya dalam mendidik dan hal
tersebut dapat ditandai dengan keberhasilan mereka dalam mengajar di sekolah
juga dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh dari pendidikan
profesi guru (PPG). Hal tersebut tentunya bukan akhir dari guru untuk terus
dapat mengembangkan kompetensi mereka, tetapi juga pendidik harus memiliki
usaha lain atau target untuk lebih mengembangkan potensi profesi mereka seperti
seringnya membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna untuk terus mengevaluasi
pembelajaran di kelas, rajin mengikuti pertemuan sesama teman sejawat dalam
berkomunikasi terhadap permasalahan belajar yang dihadapi seperti MGMP, serta
selalu mengikuti pelatihan atau DIKLAT yang di buat oleh pemerintah guna
menambah nilai potensi guru, menambah wawasan dan tentunya selalu update
dengan ilmu/informasi terbaru.
Dibawah ini adalah salah satu contoh Rancangan
Pengembangan Profesi Guru Berkelanjutan dalam bentuk tabel.
Nama Sekolah: SMKN 1 Simpang Jernih
|
Nomor Statistik Sekolah: 321060420001
|
||||||||||||
Alamat: Jl. Buntol Gayo Desa Simpang Jernih
|
Kecamatan: Simpang Jernih
|
Kabupaten/Kota: Aceh Timur
|
|||||||||||
Nama Guru: Endang Larasati, S.Pd, M.Hum
|
Tahun Ajaran: 2019
|
Tanggal: 15/04/2019
|
|||||||||||
A. Kompetensi
|
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang
akan dilakukan Guru untuk peningkatan kompetensi terkait
|
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(diisi dengan memberi tanda √)
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||
a
|
b
|
||||||||||||
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||
1.Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
|||||||||||||
2.Kemampuanmenyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
|||||||||||||
3.Kemampuna
merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
|||||||||||||
4.Pemiilihan sumber
belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|||||||||||||
II. KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|||||||||||||
Kagiatan Pendahuluan
|
|||||||||||||
1.Ketrampilan
memulai pembelajaran dengan efektif
|
|||||||||||||
Kegiatan Inti
|
|||||||||||||
1.Penguasaan
materi pelajaran
|
|||||||||||||
2.Kemampuan
menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
|||||||||||||
3.Pemanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|||||||||||||
4.Kemmpuan
memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
|||||||||||||
5.Kemampuan bahasa
yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
|
|||||||||||||
1.Ketrampilan mengakhiri
pembelajaran dengan efektif
|
|||||||||||||
2.Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan
masyarakat
|
|||||||||||||
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||
1.Perancangan alat
evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
|||||||||||||
2.Penerapan
berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP
|
|||||||||||||
3.Pemanfaatan berbagai hasil
penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan
belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
|
|||||||||||||
B.Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|||||||||||||
C.Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
|
|||||||||||||
D.Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran
berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|||||||||||||
E.Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah,
Kepala Perpustakaan, dsb)
|
|||||||||||||
Guru Mata
Pelajaran,
Endang Larasati, S.Pd,
M.Hum
|
Kepala SMKN 1 Simpang jernih,
Ir. Fatimah
NIP.19660407 200701 2 027
|
||||||||||||
Komentar
Posting Komentar