Pada pembelajaran abad 21 proses belajar bukan lagi hanya berfokus pada guru tetapi pada siswa yang dikenal dengan istilah Student Center Learning bukan lagi Teacher Center Learning yang merupakan cara tradisional. Salah satu metode yang banyak diterapkan saat ini adalah dengan menggunakan cara belajar model Jigsaw. Teknik mengajar Jigsaw pertama kali dikembangkan oleh Elliot Aronson pada tahun 1971 sebagai model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Teknik ini dapat digunakan dalam pengajaran membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan. Dalam teknik ini guru memperhatikan latar belakang pengalaman siswa dan membantu siswa mengaktifkan pengalaman mereka agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna. Selain itu, siswa bekerjasama dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Tipe Jigwaw ini mengharuskan siswa yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam pelaksanaan pembelajaran dan bukan gurunya. Menurut Lie (1993) Jigsaw adalah suatu bentuk pembelajaran kooperatif yang diterapkan dengan membentuk peserta didik dalam kelompok kecil, yang biasanya terdiri atas empat atau enam siswa yang dibuat secara heterogen. Adapun Sintaks (langkah-langkah) dari model pembelajaran kooperatif Jigsaw yaitu:
1) Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Ø Guru
menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut
dan memotivasi siswa belajar.
2)
Menyajikan informasi
Ø Guru
menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan
bacaan.
3)
Mengorganisasikan siswa ke dalam
kelompok-kelompok belajar
Ø Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
4)
Membimbing kelompok bekerja
dan belajar
Ø Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
5)
Evaluasi
Ø Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
6)
Memberikan penghargaan
Ø Guru
mencari cara untuk menghargai, baik upaya maupun hasil belajar individu dan
kelompok.
Untuk melihat bagaimana proses pembelajaran Jigsaw dikelas, silahkan klik Link dibawah ini.
Komentar
Posting Komentar